TOMOKEC.SUMEDANGKAB.GO.ID, T o m o - Reformasi Birokrasi merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencapai good governance dan melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan dan sumber daya manusia aparatur. Melalui reformasi birokrasi, dilakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintah yang efektif dan efisien. Reformasi birokrasi menjadi tulang punggung dalam perubahan kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Sehubungan dengan hal tersebut, Pemerintah Kecamatan Tomo Kabupaten Sumedang mengadakan kegiatan Penguatan Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas di Lingkungan Kecamatan Kecamatan Tomo Tahun 2020 yang dilaksanakan pada Hari Selasa (22/12/2020) bertempat di Aula Kantor Kecamatan Tomo. Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh Pejabat Struktural Kecamatan Tomo beserta Staf Pelaksana Kecamatan Tomo.

Yoyoh Maryanah Siti Syadiah, selaku Plt. Camat Tomo dalam sambutannya mengatakan bahwa Reformasi Birokrasi itu sangat penting dalam upaya menciptakan Zona Integritas. “Reformasi Birokrasi itu sangat penting dan harus selalu kita laksanakan sebagai upaya menciptakan Zona Integritas, dengan Reformasi Birokrasi juga kita bisa menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik, sehingga pelayanan kepada masyarakat pun menjadi prima dan optimal.”ujarnya.

Narasumber pada kegiatan tersebut dihadirkan langsung dari Inspektorat Kabupaten Sumedang, yaitu Ato Yulianto yang merupakan Kasubag Perencanaan pada Inspektorat Kabupaten Sumedang.

Dalam paparannya, Ato menjelaskan bahwa Reformasi Birokrasi merupakan tugas semua pihak. “Semua pihak harus bekerjasama dan bersinergi. Karena reformasi birokrasi itu merupakan tugas bersama.” pungkasnya. (Asep Komarudin/ Agus Ridwan H)

(penerbit: sumedangkab.go.id)