GEDUNG NEGARA - Pemkab Sumedang fokus untuk mengembangkan kawasan Gedong Gincu dan ubi Cilembu.  "Saya menginginkan ada kawasan agrowisata Gedong Gincu yang favorit. Para pengunjung bisa melihat langsung prosesnya ke kebun, bahkan bisa petik sendiri. Kita bisa menjadikan wilayah Jatigede, Ujungjaya, dan Tomo untuk dijadikan tempat agrowisata," kata Bupati Dony Ahmad Munir.

Direktur Buah dan Florikultura pada Ditjen Holtikultura Kementerian Pertanian Liferdi Lukman mengatakan, Kementerian Pertanian mempunyai program untuk meningkatkan ekspor yang sejalan dengan program-program Kabupaten Sumedang.

"Kabupaten Sumedang menjadi Kabupaten terbaik se-Indonesia karena dilihat dari bidang pertaniannya yang mempunyai produk unggulan yaitu Gedong Gincu dan ubi Cilembu," katanya.

Menurut Liferdi, produksi buah tropis lokal seperti mangga di Indonesia sangat melimpah, sehingga mampu untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri bahkan ekspor.  "Kita akan tata dan bangun kawasan buah skala korporasi untuk memperkuat ekspor buah tropis kita," katanya. [mth]

(penerbit: sumedangkab.go.id)