Peran Aktif Kaum Pria Sangat Penting dalam Menyukseskan Program KB.


Baca juga : Peran Aktif Kaum Pria Sangat Penting dalam Menyukseskan Program KB.


DANO - Metode Operasi Pria (MOP) merupakan suatu metode kontrasepsi operatif minor pada pria yang sangat aman, sederhana dan sangat efektif, memakan waktu operasi yang singkat dan tidak memerlukan anastesi umum.

Salah satu arah kebijakan KKBPK 2015–2019 adalah penyediaan sarana dan prasarana serta jaminan ketersediaan alat dan obat kontrasepsi yang memadai serta peningkatan pelayanan KB, dengan penggunaan MKJP untuk mengurangi risiko drop-out dan penggunaan non MKJP. Caranya dengan memberikan informasi secara berkesinambungan. “Salah satu strategi pengurangan drop out ini melalui penggarapan pelayanan MKJP di wilayah terpencil, perbatasan, serta Pelayanan KB Pria MOP,” katanya.

Peran pria dalam program KB di Indonesia belum signifikan. Hanya sekitar 2,2 persen yang berpartisipasi terhadap Program KB dengan rincian 1,8 persen peserta KB (alat kontrasepsi) dan 0,4 persen Peserta KB MOP (data tahun 2018). “Peran motivator sangat besar dalam meningkatkan cakupan pencapaian KB pria, karena merupakan pelaku sekaligus mitra terdepan dalam menyosialisasikan masyarakat melalui testimoni,” katanya

Pada umumnya apabila tindakan medis kontap pria dilakukan secara benar, keberhasilannya amat tinggi yakni sebesar 99%. Artinya 99 dari 100 persen vasektomi terjamin untuk tidak mempunyai keturunan lagi. Adanya kegagalan dimungkinkan karena rekanalisasi spontan.(adv).


19-11-2019

Berita Terkait