Reporter : Vera Suciati   I Editor : Deddi Rustandi

SITU - Manajer Produksi Tribun Jabar Arief Permadi memberikan kiat menulis rilis yang baik untuk para pejabat kehumasan di acara Forum Pejabat Kehumasan Pemerintah Kabupaten Sumedang di Aula Tampomas IPP, Kamis (24/10/2019). Arief membagikan tips menulis  rilis agar dari informasi atau kegiatan-kegiatan pemerintah sebagai informasi yang menarik dan memberikan manfaat yang besar bagi pembaca.

"Peran kehumasan menjadi penting di era digital. Sebab informasi sudah tak bisa dibendung, mengalir dari banyak celah. Maka,  humas bisa menjelaskan fakta yang sebenarnya, sehingga hal yang semula dipersepsi negatif bisa menjadi positif," ujarnya.

Dia mencontohkan, isu yang bisa diangkat praktisi kehumasan di antaranya terkait dengan kebancanaan atau musim penghujan yang bisa jadi segera datang. Isu lain adalah soal keberhasilan-keberhasilan pemerintah. Tujuannya untuk menumbuhkan keberhasilan pemerintah.  "Terkait isu negatif, pemerintah tak perlu panik. Sebab, bisa disikapi, menjadi amunisi membangun citra positif, " ujarnya.

Acara Forum Pejabat Kehumasan Pemkab Sumedang diikuti humas di setiap SKPD. Narasumber lainnya adalah Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setda Pemprov Jabar, Hermansyah. "Di era 4.0 platform Humas menjadi digital yaitu penyebarluasan informasi melalui teknologi media digital (media sosial, website). Selain itu, Humas juga menjadi media yang memaksimalkan monitoring media akan adanya isu ataupun berita yang sedang berkembang," ujarnya.

Sekda Herman Suryatman mengatakan, peran Humas yang sering dianggap "sepele" dalam pelaksanaan kegiatan akan terasa sangat penting manakala fungsi-fungsi kehumasan tidak berjalan. []

(penerbit: sumedangkab.go.id)