SUMEDANG UTARA - Selasa, (14/7/2020) Bupati Sumedang, Dr. H. Dony Ahmad Munir didampingi Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sumedang (Ayi Subhan Hafas) telah meresmikan Tempat Usaha Kelompok Design Grafis Disabilitas di Kampung Panunjang Desa Girimukti Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang.
 
Ketua Baznas menyampaikan bahwa kelompok usaha disabilitas (tunarungu/tunawicara) yang merupakan pasangan suami istri ini adalah hasil pelatihan disabilitas yang diselenggarakan oleh Baznas Kabupaten Sumedang. Pada saat itu diikuti oleh 30 orang kelompok disabilitas dengan materi pengelolaan dalam segi manajemen kewirausahaan. Salah satu hasilnya adalah Pak Adhari beserta istri dan staf karyawannya yang semuanya penyandang disabilitas sebanyak 4 orang. Mereka juga berkomitmen akan melatih disabilitas-disabilitas yang lainnya dalam rangka pengembangan kemampuan untuk meningkatkan perekonomian dan semangat hidup kedepannya. Hal ini bersinergi dengan program Bupati Sumedang yaitu ekonomi kreatif.
 
Dalam sambutannya Bupati Sumedang menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Baznas Sumedang yang telah memfasilitasi dalam bentuk pelatihan dan permodalan. Beliau berharap program konkret seperti ini terus berjalan untuk menciptakan lapangan pekerjaan, memberi skill keterampilan kepada masyarakat termasuk penyandang disabilitas, bahkan perlu melanjutkan program seperti ini di tempat lain dimana ini bisa menjadi contoh dan bisa direplikasi.
 
Pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan bantuan dari Baznas secara simbolis oleh Bapak Bupati kepada pedagang kecil, kemudian dilanjutkan dengan gunting pita peresmian "Star Digital Printing" tempat usaha penyandang disabilitas yang menyediakan berbagai macam bantal printing, souvenir, case hp, mug dan lainnya. (diskominfosanditik)

(penerbit: sumedangkab.go.id)