Penulis: Endan Dodi Kusnaedi| Editor: Vera Suciati 

DINKES - Jemaah calon haji (calhaj) asal Kabupaten Sumedang yang akan berangkat tahun 2023 sedang menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan yang dimulai pada 23 Januari 2023 sampai dengan 22 Februari 2023.

Kabid P2P Dinkes Sumedang Renny K Anton mengatakan pemeriksaan calhaj adalah merupakan rangkaian keseluruhan pemeriksaan mulai dari tes laboratorium sampai rujukan pemeriksaan ke rumah sakit.

"Calon haji menjalani pemeriksaan di puskesmas sesuai wilayah kerja dimana calon haji tersebut domisil, tujuannya adalah untuk memenuhi persyaratan kesehatan agar calhaj dipastikan dapat mengikuti seluruh rangkaian ibadah haji," kata dr. Renny K Anton, Rabu, 22 Februari 2023.

Renny menjelaskan, dari hasil pemeriksaan di Puskesmas kalau perlu dirujuk maka calhaj akan dirujuk ke dokter spesialis guna mendapatkan pemerksaan lebih lanjut. Pemeriksaan kesehatan penting dilakukan untuk mengetahui tingkat kesehatan jemaah calon haji dimana hasilnya akan direkomendasikan ke pihak Kemenag Sumedang.

Sementara itu salah seorang calon jemaah haji Endang Darsono asal Sumedang Utara mengaku kalau dirinya juga telah mengikuti rangkaian pemeriksaan kesehatan.

Diakui dia mestinya sesuai jadwal ia harus berangkat tahun 2020, namun karena saat ini ada pandemi covid 19 sehingga pemberangkatan tahun 2020 dan 2021 ditunda sedangkan tahun 2022 juga difending karena saat itu pemerintah membatasi usia bagi jemaah yang akan berangkat.

"Alhamdulilah sesuai rencana tahun ini bisa berangkat dan saya sendiri telah melaksanakan tahapan pemeriksaan kesehatan," jelasnya. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)