SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA – Jalan kabupaten di Sumedang terus ditata menyusul berlanjutnya sistem one way di sebagian ruas jalan di jalan protokol. Salah satu upaya yang sedang dilakukan kini adalah melengkapi rambu-rambu lalu lintas sebagai pendukung atau penunjukan jalan.

“Kami terus melengkapi rambu-rambu lalu lintas di jalan protokol dalam upaya menata jalan kabupaten,” kata Kepala Bidang Teknik Sarana Transportasi Dedi Supriadi, Jumat (31/1/2020).

Bersamaan dengan hal itu, kini Dinas Perhubungan akan  membuat data inventarisasi rambu lalu lintas. Untuk mengetahui mana rambu yang masih layak, mana yang sudah rsak, dan rambu-rambu mana yang dibutuhkan. Pendataan ini dilakukan bersamaan denganpenatana sehingga bila ada rambu yang rusak maka akan langsung diganti dengan rambu-rambu lain.

Adanya perubahan jalur lalu lintas di kota, menurut Dedi, membuat beberapa rambu harus diganti atau dipindah. Hal ini terus menerus diperiksa seiring dengan berjalannya aktivitas lalu lintas di kota.

Sampai saat ini diketahui terdapat kekurangan rambu lalu lintas mencapai ribuan unit. Bila data kekurangan rambu lalu lintas sudah didapat secara ril terutama kekurangannya akan diajukan untuk dialokasikan pengadaannya baik dari APBD kabupaten maupun provinsi. Data tersebut akan dimasukkan ke dalam data base.

Menurutnya, Dinas Perhubungan sampai saat ini belum memiliki data . Jumlah rambu lalu lintas yang belum dan harus dipasang, jumlah rambu lalu lintas yang tersedia, dan jumlah rambu lalu lintas yang harus diperbaiki.***(vrs)

(penerbit: sumedangkab.go.id)