Perpustakaan Harus Jadi Gudang Ilmu


Baca juga : Literasi Menciptakan Masyarakat Penuh Inovasi
Perpustakaan Harus Jadi Gudang Ilmu


CIBEUREUM - Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Sumedang mengunjungi Rumah Baca Motekar Desa Cibeureum Kulon, Kecamatan Cimakaka, Senin, (17/2/2020).

Ketua TIM Monitoring Ajat Sudrajat yang juga Kepala Seksi Pembinaan pada Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Sumedang mengapresiasi langkah Desa Cibeureum Kulon yang telah menyediakan ruang perpustakaan Desa secara khusus. “Ruang perpustakaan yang disediakan desa merupakan langkah pemerintah desa yang cepat tanggap dalam membentuk minat baca dikalangan masyarakat," kata Ajat.

Dengan dibentuknya pengelola perpustakaan secara khusus serta mengalokasikan dari APBDes tahun 2020 harus mampu meningkatkan pelayanan perpustakaan desa semakin baik. "Dengan adanya pengelola khusus suatu perpustakaan desa harus mampu meningkatkatkan pelayanannya," katanya.

Setiap program  yang disusun di suatu  rumah baca harus bertransformasi berbasis inklusi social. Program tersebut bertujuan memperkuat peran perpustakaan umum dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga kemampuan literasi meningkat yang berujung peningkatan kreativitas masyarakat dan kesenjangan akses informasi.

"Perubahan cara pandang perpustakaan harus diubah, program yang disusun perlu bertransformasi berbasis inklusi sosial, bukan hanya gudang buku namun harus jadi gudang ilmu, dengan adanya jaringan internet gratis serta tersediaannya permainan edukasi," ujarnya. (rsi)


Literasi, Motekar

Berita Terkait