Pertunjukan Tari Umbul  Kuatkan Sumedang Sebagai Kabupaten Pariwisata


Baca juga : Bupati Dony Ajak Penonton Drama Tari Harisbaya Prahara Gita Cinta Berkunjung ke Sumedang


SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA - Pada tahun 2019 Kabupaten Sumedang telah mencanangkan diri sebagai “Kabupaten Pariwisata”. 
Dalam rangka menyambut Tahun Baru 2020 sekaligus memberikan hiburan bagi masyarakat dari dalam atau luar Sumedang, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Sumedang selaku leading sektor telah menggelar salah satu event yaitu pementasan Tari Umbul Kolosal yang sangat spektakuler dengan menampilkan jumlah peserta Tari Umbul sebanyak 5.555 orang yang berasal dari 270 desa dan 26 kecamatan se-Kabupaten Sumedang. Jumlah tersebut belum ditambah dengan pemain musik pengiring Tari Umbul, para penari kelompok, pengiring Tari Persembahan yang menampilkan Tari Jaipongan dan Bajidoran, termasuk pemain Calung dan Seni Kliningan, di Area Bendungan Jatigede. Selasa, (31/12/2019)
Bupati Dony Ahmad munir mengharapkan kegiatan ini merupakan gerbang awal dalam mempromosikan objek wisata di sekitar Bendungan Jatigede, diantaranya  Panenjoan, Tanjung Duriat, Puncak Damar, Kampung Buricak Burinong, Pesona Jatigede dan destinasi wisata lainnya di Sumedang.
"Rekor tari umbol kolosal ini saya harap mampu memukau mata dunia bahwa Sumedang memiliki keindahan alam yang luar biasa," kata Bupati dalam sambutannya.
Bupati Dony juga mengharap hal tersebut nantinya akan mendongkrak kunjungan wisatawan, sehingga dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar.
"Semakin banyak wisatawan yang hadir, tinggal di perumahan, makan di restosan, akan menambah perekonomian warga sekitar," ujarnya.
Lebih dari itu, pementasan Tari Umbul Kolosal memiliki makna lebih dalam, yakni sebagai perekat kebersamaan yang akan menjadi modal sosial bagi pembangunan di Kabupaten Sumedang, sehingga terwujudnya Visi Misi Sumedang SIMPATI.(rtn)


tari umbul

Berita Terkait