SUMEDANGKAB.GO.ID, SITURAJA - Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan memberikan pesannya saat menjadi instruktur pada Upacara Peringatan Sumpah Pemuda di Desa Cijeler, Situraja.
"Di era kini harus bisa membangun desa. Para pemuda harus mendapat perhatian khusus, karena menurutnya merekalah yang akan menjadi pengganti kelangsungan pembangunan desa," kata wabup, Rabu (28/10/2020).
Upacara dilaksanakan secara unik di tengah pandemi covid 29. Pasalnya upacara kali ini dilaksanakan di lokasi wisata Dewi Lipa yang berada di Desa Cijeler Kecamatan Situraja.
"Pemuda harus memiliki tingkat pendidikan yang cukup, keterampilan yang tinggi, kepedulian yang baik terhadap lingkungan, serta yang tak kalah penting semangat juang yang besar untuk berpartisipasi dalam pembangunan desa," ucapnya.
Dikatakan wabup, berbagai sektor dapat dibidik untuk menjadi sarana pembangunan dan pemberdayaan para pemuda. Salah satu sektor yang cukup menjanjikan saat ini adalah sektor pariwisata.
"Pembangunan destinasi-destinasi wisata di desa khususnya di tahun 2021 harus menjadi prioritas. Namun saya berpesan masyarakat sekitar harus bisa menjaga alam dan lingkungannya. Betul bahwa sektor pariwisata bisa meningkatkan perekonomian namun tetap kita harus melestarikan alam, salah satu caranya jangan menebang pohon-pohon yang sudah ada sehingga menghilangkan keindahan alam tersebut,"ujarnya.
Lebih lanjut Wabup mengatakan dengan ikut berpartisipasi dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di desa para pemuda diharapkan memiliki sarana untuk mewujudkan ide dan gagasan kreativitasnya sekaligus melatih kemampuan kewirausahaan.***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)