JATINUNGGAL - Warga Dusun Cikukulu, Desa Cimanintin, Kecamatan Jatinunggal berencana membentuk paguyuban petani cabai rawit. Menurut tokoh pemuda setempat, Asep Firman, budidaya cabai rawit sebenarnya sudah mulai berjalan. Namun baru tahap penyemaian dan dikerjakan oleh individu. "Kami sudah mulai menanam cabai rawit. Ada gagasan untuk membuat paguyuban agar bisa berkelompok," ujar Asep, Jumat (28/2/2020).

Asep mengatakan, pelaksanaan budidaya cabai rawit memang melibatkan pihak ke tiga. Seperti penyediaan benih, pupuk, obat-obatan dan akomodasi lainnya. "Makanya kami akan bentuk semacam paguyuban agar bisa budidaya bersama-sama dalam jumlah yang banyak. Kami juga nanti setelah panen tak usah repot memasarkan karena hasil panen akan dibeli oleh pihak ketiga. Kami rasa ini peluang yang bagus bagi warga di Cimanintin," tutur Asep.

Asep menambahkan, angggota paguyuban berasal dari warga Cikukulu. Dalam budidaya cabai rawit tak akan mengganggu profesi warga yang kebanyakan petani. "Lebih jauhnya bisa saja terbentuk koperasi. Yang jelas budidaya cabai rawit bisa menghasilkan," katanya.

Ia pun menyebutkan, untuk lahan budidaya bisa memanfaatkan lahan pekarangan maupun lahan kebun milik warga. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)