WADO - Petani di Desa Cisurat, Kecamatan Wado akan jajaki menanam buah semangka di sejumlah wilayah lahan Cisurat. Rencana penanaman semangka tersebut hasil kerjasama dengan mitra petani asal Kabupaten Indramayu.

"Jadi ada semacam kerjasama antara mitra dengan kempok tani di Cisurat. Para petani diajak untuk menanam semangka," ujar Kades Cisurat Ny. Daryumah, Selasa (4/2/2020).

Bentuk kerjasamanya, kata Daryumah, mitra petani dari Indramayu hanya membawa bibit semangka. Kemudian petani Desa Cisurat yang menanam. Namun karena proses menanam semangka baru ditekuni oleh petani Cisurat. Maka perlu bimbingan dari mitra.

Salah seorang petani, Sahidin menyebutkan, dirinya siap menanam semangka karena buah semangka banyak diminati konsumen. Selain itu masa menanam semangka tidak memerlukan waktu yang lama, hanya 70 hari dari mulai tanam hingga panen.  "Bahkan kita bisa berkali-kali panen. Makanya kami tertarik untuk tenam semangka dilahan kami. Prosesnya nanti dibimbing dari petani Indramayu," katanya.

Direncanakan Satu orang akan petani menanam 1500 pohon. Saat ini baru 7 petani yang siap menanam semangka. "Mudah-mudahan bisa berhasil dengan bagus," katanya. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)