Peternakan di Wilayah Wado Aman


Baca juga : Mudahnya Buat Cairan Disinfektan
Peternakan di Wilayah Wado Aman


SUMEDANGKAB.GO.ID, WADO - Kondisi kesehatan hewan di wilayah Wado, Cibugel dan Jatinunggal tidak begitu terpengaruh dalam kondisi pandemi Covid-19.

Kepala UPT Perikanan dan Peternakan wilayah Wado meliputi Cibugel dan Jatinunggal, Ir Leti Nuryati menyebutkan, meski dalam masa pandemi Covid-19, pengawasan dan perawatan hewan dan ternak tetap dilaksanakan oleh pihak UPT.

"Saat ini untuk kesehatan hewan biasa-biasa saja. Kami tetap melaksanakan pengawasan terhadap hewan dan ternak milik warga," ujar Leti, Kamis (9/4/2020).

Namun demikian, kata dia, pada saat pelaksanaan pemeliharaan dan pengawasan hewan, petugas lebih memperhatikan resiko kesehatan.

"Petugas lapangan bekerja seperti biasa, dengan sedikit lebih safety  bekerja menggunakan masker dan sarung tangan," katanya.

Kata dia, setelah melakukan pengawasan rutin, tidak ditemukan hewan yang mendadak sakit atau sakit diluar kewajaran. UPTD rutin melalukan pengawasan hewan atau ternak milik warga seperti, sapi, domba, ayam,bebek dan hewan peliharaan lainnya. Selain itu, ketersediaan pakan juga saat ini begitu melimpah karena pakan rumput dan jerami tersedia di masing-masing wilayah. Disamping itu, petugas juga membantu menyosialisasikan terkait pandemi Covid-19

"Kalau tentang keswan (keswan) peternak sedikit lebih mengerti, baik kebersihan kandang, pakan yang ada di angin-anginkakan dulu tidak langsung diberikan, tempat air selalu tersedia," ujarnya.***(nsa)


covid 19, peternakan

Berita Terkait