Petugas Gabungan Bersihkan Banjir Lumpur di Jalan Raya


Baca juga : Petugas Gabungan Bersihkan Banjir Lumpur di Jalan Raya
Bupati Pimpin Apel Siap Siaga Penanggulangan Bencana


RANCAMULYA - Petugas gabungan siaga bencana dari BPBD, TNI, Polri, Satpol PP, Damkar, PMI, dan warga bergotong royong membersihkan material lumpur longsor yang menutupi ruas Jalan Sumedang-Wado, tepatnya di Dusun Andir, Desa Rancamulya, Kecamatan Sumedang Utara, Selasa (21/1/2020).

Dua unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan untuk membantu menyingkirkan material longsor dari jalan. Kasie Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Sumedang, Yedi menuturkan, longsor terjadi sekitar pukul 16.40 WIB, saat hujan.  "Longsor ini berasal dari proyek perumahan, yang saat ini sedang dalam proses cut and fill," kata Yedi dilokasi kejadian.

Akibat longsor tersebut, lalu lintas kedua arah sempat terganggu.  Dikatakan, material longsor berupa tanah merah di depan SMAN 2 Sumedang tersebut menutupi jalan hingga sedalam 30 cm. "Kami melakukan pembersihan dulu menggunakan alat seadanya, dibantu mobil damkar. Supaya lalu lintas kembali normal," ujarnya.

Ia mengimbau kepada warga yang akan melintasi ruas jalan tersebut agar lebih berhati-hati dan bersabar. "Pengendara, khususnya yang roda dua agar mengikuti arahan petugas di lapangan, sebab kondisi jalan licin," katanya. (agn)


Banjir Lumpur, Siaga Bencana

Berita Terkait