SUMEDANGKAB.GO.ID, PKK - Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK) efektif digunakan sebagai model pembelajaran yang harus dilakukan guru PAUD. PHBK  merupakan pendekatan efektif dan saintifik untuk membentuk akhlak, daya pikir kritis, dan kreativitas pada anak. Metode ini menjadi materi inti yang diberikan kepada 1500 guru PAUD di Jawa Barat oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK), Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Indonesia Heritage Foundation (IHF). Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten Sumedang serta Dinas Pendidikan terkhusus HIMPAUDI, IGTKI, dan IGRA juga menjadi penyelenggara dan fasilitator penyelenggaraan acara yang diadakan di Balairung IPDN Jatinangor Sumedang, beberapa waktu lalu ini.

“Guur PAUD di Sumedang dilatih metode PHBK yang bertujuan untuk mengubah paradigma guru mengenai pentingnya pendidikan karakter pada anak usia dini, karena maraknya PAUD yang menjamur di masyarakat membutuhkan informasi dan cara mendidik anak agar anak menjadi berkarakter, cerdas, dan kreatif,” kata Istri Bupati Sumedang Ny. Susi Gantini yang juga Bunda PAUD Sumedang, Minggu (6/10/2019).

Menurut Susi, pelatihan ini diharapkan bisa memberi bekal pada para guru agar dapat melaksanakan model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter yang terbukti efektif dalam membentuk anak yang berkarakter yang harus ditanamkan sedini mungkin, agar bangsa Indonesia memiliki etos kerja yang tinggi, tanggung jawab, disiplin, dan karakter unggul lainnya.***(vrs)

(penerbit: sumedangkab.go.id)