KUTAMAYA – Ketua Apdesa Andre Yansyah Muhtar menyerahkan Piala Penghargaan juara 3 Jambore Desa Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019. Piala diserahkan ke Wakil Bupati Erwan Setiawan. Jambore desa digelar 27 November lalu.

Ratusan kepala desa  berkumpul untuk mengikuti Diseminasi Penanggulangan Kemiskinan dalam rangka Pembinaan Aparatur Pemerintah Desa se-Kabupaten Sumedang, di Gedung Islamic Center, Rabu (4/12/2019).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Drs. H. Endah Kusyaman mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan diseminasi untuk meningkatkan pengetahuan teknis mengenai administrasi, manajemen, dan tata kelola pemerintahan desa. “Tujuannya adalah untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan menajemen aparatur pemerintah," ujarnya.

Sasaran kegiatan adalah 540 orang yang terdiri dari 270 orang kepala desa dan 270 orang perangkat desa. Output diseminasi adalah terselenggaranya kegiatan diseminasi penanggulangan kemiskinan bagi apatatur pemerintah se-Kabupaten Sumedang. "Output kedua adalah meningkatnya pengetahuan aparatur pemerintah desa dalam hal manajemen dan tata kelola program pengentasan kemiskinan di desa," katanya.

Narasumber kegiatan terdiri dari Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, unsur Dinas Sosial P3A, unsur Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Bidang Aset dan Keuangan Desa pada Dinas PMD Kabupaten Sumedang.

Wabup H Erwan Setiawan   mengatakan, pemerintah desa merupakan unit terdepan dalam pelayanan kepada masyarakat serta menjadi tonggak utama untuk keberhasilan semua program pembangunan daerah yang ditujukan untuk pengentasan kemiskinan dan peningkatan kualitas hidup. 

"Memperkuat desa merupakan suatu keharusan yang tidak dapat ditunda untuk mendorong mempercepat terwujudnya Good Governance yang berkorelasi tumbuhnya ekonomi lokal yang menyejahterakan masyarakat," katanya.

Melalui diseminasi tersebut, diharapkan para aparatur dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan mengenai penanggulangan kemiskinan serta dapat meningkatkan keselarasan pemahaman dan implmentasi penyelenggaraan pemerintah desa di Kabupaten Sumedang guna meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat. [mth]

(penerbit: sumedangkab.go.id)