Penulis: Endan Dodi Kusnaedi| Editor:  Vera Suciati 

ISLAMIC CENTER - Kafilah MTQ Kabupaten Sumedang yang akan bertanding dalam ajang MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat di Kabupaten Bekasi dilepas Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli bertempat di asrama haji kompleks Islamic Center, Sabtu 27 April 2024.

Pelepasan kafilah MTQ Sumedang juga turut dihadiri Plh Sekda Sumedang Tuti Ruswati yang juga ketua LPTQ Kabupaten Sumedang, Asda Pemkesra Asep Uus dan sejumlah undangan baik dari Kemenag Sumedang maupun pengurus LPTQ lainnya.

Ketua LPTQ Kabupaten Sumedang Tuti Ruswati menyebutkan kafilah MTQ Kabupaten Sumedang berkekuatan 45 orang dan akan tampil di 17 cabang lomba.

Adapun 17 cabang lomba tersebut murotal, tilawah anak anak, tilawah remaja, tilawah dewasa, qiro'at sab'ah mujawad dewasa, qiro'at sab'ah murotal remaja, qiro'ah sab"ah murotal dewasa.

Selanjutnya MHQ 1 juz dan tilawah MHQ 5 juz dan MHQ 10 juz, MHQ 20 juz, MHQ 30 juz, tafsir Bahasa Indonesia, MFQ, KTIQ, MSQ dan MKQ naskah, hiasan, dekorasi, kontemperor.

Sebagai persiapan, lanjut Tuti, kafilah MTQ Kabupaten Sumedang telah melakukan berbagai persiapan termasuk pembinaan terakhir yang digelar dari 25 April - 27 April 2024.

Sementara itu Pj bupati Sumedang dalam arahannya mengharapkan agar peserta MTQ dari Kabupaten Sumedang dapat tampil maksimal dalam ajang MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat.

Dikatakan Pj bupati, Pemkab Sumedang telah melakukan berbagai upaya dan persiapan jelang MTQ tingkat Provinsi, untuk itu para peserta pun diharapkan dapat memberikan yang terbaik bagi Sumedang. Bahkan lanjut Pj bupati, pihak Pemkab Sumedang juga telah menyiapkan bonus khusus bagi peserta MTQ asal Sumedang yang berhasil meraih prestasi.

"Bonus ini sebagai penghargaan bagi yang berprestasi, untuk itulah tunjukan prestasi dalam ajang MTQ tk provinsi ini guna membawa nama baik Sumedang," tambahnya.

Sementara itu berbicara masalah target, Pj bupati juga mengatakan kalau untuk tahun 2024 ini Kabupaten Sumedang menargetkan minimal finish di urutan 4.

"Pada tahun 2022 lalu Sumedang peringkat 6, maka tahun 2024 ini minimal bisa peringkat 4, syukur syukur bisa ke 1," jelasnya. (*).

(penerbit: sumedangkab.go.id)