Penulis : Arindi | Editor : Deddi Rustandi

 

MASJID AGUNG - Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli dan PJ Sekda Tuti Ruswati beserta jajaran pejabat Pemkab Sumedang Salat Idu adha 1445 H di Masjid Agung Sumedang,  Senin (17/6/2024). Pj Bupati Yudia Ramli mengucapkan selamat merayakan Iduladha kepada masyarakat Sumedang. “Saya menyampaikan selamat merayakan hari raya Iduladha 1445 Hijriyah kepada jemaah dan masyarakat Sumedang. Semoga dalam melaksanakan ibadah dan merayakan Iduladha seluruh masyarakat Sumedang dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaannya kepada Alloh,” kata Yudia.

Menurutnya, dalam melaksanakan Iduladha ini ada dua peristiwa penting yaitu ibadah haji dan kurban. “Mari doakan seluruh jemaah haji Sumedang dilancarkan, diselamatkan, dimudahkan dan kembali ke Sumedang menjadi haji mabrur. Masyarakat Sumedang yang berniat untuk berangkat haji dan  belum Alloh berikan kemampuan semoga diberikan kemampuan. Sehingga seluruh masyarakat Sumedang menjadi haji-haji mabrur,” kata Yudia.

Dikatakan Yudia, ibadah kurban yang dilaksanakan pada saat ini dapat melahirkan ketaqwaan kepada Alloh."Semoga melahirkan selain ketakwaan dan juga bentuk syukur kepada Alloh. Semoga ini juga melahirkan insan-insan yang memiliki kesalehan individu maupun  kesalehan sosial," kata Yudia.

Menurutnya, hikmah yang terpenting dari Ibadah Qurban ialah sebenarnya menyembelih sifat-sifat kehewanan. “Salah satunya yang sering lupa sifat egois dan permusuhan yang tidak selesai-selesai.  Semoga dengan perayaan Iduladha ini, Sumedang menjadi  Sejahtera, Agamis dan Demokratis menuju baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur,” katanya.

Setelah melaksanakan Salat Iduladha, Pj Bupati Yudia Ramli menyerahkan sapi kurban ke Masjid Agung Sumedang. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)