Penulis : Pupuh S Wijaya | Editor : Deddi Rustandi

PPS - Penulusurn silsilah keluarga Rukun Wargi Sumedang (RWS) Penjabat (Pj) Bupati Sumedang  Yudia Ramli masih merupakan keturunan leluhur Sumedang. "Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli berasal dari keturunan  Bani Salinggih, masih sama-sama turunan leluhur Sumedang," ujar Sekretaris Umum RWS Pusat Rd. Pananjung Widjaya Dasaputra saat bersilaturahmi dengan Pj Bupati di ruang kerjanya, Selasa (23/4/2024).

Pananjung tidak meragukan lagi jika Pj Bupati Sumedang bertekad untuk bersama-sama memajukan Sumedang, termasuk mewujudkan daerah istimewa. "Bagaimana caranya penyelenggara Kabupaten Sumedang menjadi pionir bersama masyarakat dan Dewan Perwakilan Rakyat untuk mengajukan lembaga adat.  Sumedang bisa menjadi daerah istimewa,” ujar Pananjung.

Ia berharap dengan jadinya Pj Bupati di Sumedang bisa menciptakan Sumedang menjadi daerah istimewa. “Harapannya Sumedang bisa menjadi daerah istimewa. Bila perlu bantuan, mari kita berbicara bersama. Bila perlu mari kita adakan seminar,” ucapnya.

Sementara itu, Yudia Ramli menyampaikan bahwa meskipun dari Garut tetapi kakek buyutnya masih dari Sumedang. “Sumedang bukan kampung orang lain karena saya asli dari Garut Limbangan, trahnya dari Uyut Salinggih yang masih trahnya dari Sumedang," ujarnya.

Begitu juga dari pihak ibunya, lanjut Yudia, masih keturunan leluhur Sumedang. "Ibu kandung saya pun masih turunan dari Ratnakasih Uyut Saleh yang berasal dari Sumedang. Jadi saat ini berkumpul dengan RWS. Saya merasa bersyukur bisa bersilaturahmi,” kata Yudia.

Ia menceritakan, Sumedang bagi dirinya tidak asing karena sering terlewati ketika melaksanakan perjalanan silaturahmi ke mertua di Kuningan. “Saya kampung halaman di Limbangan. Jadi kalau lebaran silaturahmi ke mertua, maka jalan yang dilewati Cibugel Sumedang, Darmaraja, Wado, Lemah Sugih, dan Waduk Darma Kuningan," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)