SUMEDANGKAB.GO.ID,CIKONDANG - PKBM Cigembong di Desa Cikondang Kecamatan Ganeas diharapkan bisa menciptakan generasi mandiri yang berbobot untuk negeri. 
"Kami juga sudah melaunching Desa Cikondang Cerdas Eksotik. Diharapkan dengan launching kami kemarin pemerintah desa bisa fokus menggarap kebijakan dan program yang bersentuhan dengan dunia pendidikan," kata Sekretaris Desa Cikondang, Sohibul, Selasa (3/3/2020).
 Menurut Sohibul, dengan adanya PKBM Cigembong, Desa Cikondang menjadi pelopor Desa Cerdas Eksotik.
"Kami menilai bidang pendidikan erat kaitannya dengan masalah ekonomi dan sosial. Jadi memang harus ditingkatkan," ucapnya.
Ketua PKBM Cigembong, Ripin Kustian menilai dirinya merasa terbantu dengan adanya dukungan dari pihak desa, dalam meningkatkan bidang pendidikan.
"Tantangan pertama saya saat membuat saung kreatif, anak-anak inginnya langsung bekerja, bukan pendidikan," ujarnya.
Upaya menjadikan Cikondang Cerdas Eksotik, kata Ripin, ada sebagian tenaga pengajar yang turun langsung ke lapangan, untuk memberikan materi pembelajaran.
"Misal ada warga yang sedang mengais rezeki di sawah, itu kami datangi langsung ke saungnya. Setelah mereka rehat sejenak kami lakukan proses pembelajaran yang tidak terlalu berat. Kami belajar dimanapun, jadi tidak kaku," katanya.***(agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)