TOMOKEC.SUMEDANGKAB.GO.ID, T o m o - Sejak vaksin Covid-19 tiba di Indonesia, tidak sedikit masyarakat yang belum setuju akan anjuran pemerintah untuk menjalani vaksinasi Covid-19. Padahal, pemberian vaksin ini sangatlah penting, bukan hanya untuk melindungi masyarakat dari Covid-19, tetapi juga memulihkan kondisi sosial dan ekonomi negara yang terkena dampak pandemi.

Vaksinasi atau imunisasi bertujuan untuk membuat sistem kekebalan tubuh seseorang mampu mengenali dan dengan cepat melawan bakteri atau virus penyebab infeksi. Tujuan yang ingin dicapai dengan pemberian vaksin Covid-19 adalah menurunnya angka kesakitan dan angka kematian akibat virus ini.

Sehubungan dengan hal tersebut, Rabu ini (28/07/2021) telah dilaksanakan kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Tingkat Kecamatan Tomo secara virtual. Kegiatan tersebut dihadiri oleh unsur pemerintah Kecamatan, Koramil, Polsek, Puskesmas, UPT KB, dan Desa se-Kecamatan Tomo.

Plt. Camat Tomo dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini Kabupaten Sumedang menerapkan PPKM Level 4. Hal ini bertujuan untuk bisa segera menurunkan angka penyebaran Covid-19. “Seperti kita ketahui bahwa saat ini di wilayah Kabupaten Sumedang diterapkan PPKM Level 4, hal ini adalah sebagai ikhtiar pemerintah untuk terus menekan angka penyebaran Covid-19. Seperti kita ketahui bahwa di Kabupaten Sumedang khususnya di Kecamatan Tomo angka penyebaran Covid-19 masih dinamis.”ujarnya.

Selain itu, Plt. Camat Tomo juga mengatakan agar semua unsur pemerintah di Kecamatan Tomo bisa menjadi “Dinas Kesehatan, Diskominfosanditik, dan Satpol PP”. Sesuai dengan amanat Bupati Sumedang, bahwa semua unsur pemerintah yang ada di Kecamatan harus bisa menjadi atau berperan sebagai ketiga dinas tersebut. Artinya kita harus terus mengajak masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokoler kesehatan dengan baik dan benar, memberikan informasi dan sosialisasi tentang upaya-upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dan menjadi penegak peraturan-peraturan yang dibuat oleh pemerintah. Baik oleh pemerintah pusat maupun oleh pemerintah daerah. Terkait vaksinasi, kita harus terus melakukan upaya persuasif kepada masyarakat dan mengajak mereka untuk divaksin. Vaksin itu perlu dan penting.”ujarnya.

Kapt. Inf. Kasno, selaku DanRamil Tomo juga terus mengajak agar semua pihak terutama dari aparatur pemerintah Desa untuk terus menjadi garda terdepan dalam pencegahan penyebaran Covid-19 ini. “Saya mengajak semua pihak terutama pemerintah Desa untuk terus menjadi garda terdepan dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Lakukan langkah-langkah persuasif.”

Ngarja, Kepala Sub Bagian Tata Usaha pada Puskesmas Tomo juga mengatakan bahwa angka realisasi pelaksanaan vaksinasi di Kecamatan Tomo masih tergolong rendah. “kami dari pihak Puskesmas Tomo memohon bantuan kepada semua aparatur pemerintah khususnya Desa dan Forkopim Kecamatan untuk terus mensukseskan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19. Karena tak dapat dipungkiri bahwa saat ini masih ada beberapa masyarakat yang masih enggan untuk divaksin. Maka dari itu, mari kita bersama-sama tentunya dengan langkah yang persuasif untuk memberikan pengertian kepada masyarakat bahwa divaksin itu merupakan ikhtiar bersama agar penyebaran Covid-19 bisa kita kendalikan.”pungkasnya. (tomo.t3amcreative)

(penerbit: sumedangkab.go.id)