KOTA – Untuk mengurangi penggunaan sampah plastik, Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Sumedang mengumpulkan sikat gigi plastik bekas. Sikat gigi platsik bekas ini nantinya akan dibuat menjadi meja belajar. 

Humas PMI Kabupaten Sumedang, Ipan Permana menuturkan, sikat gigi plastik bekas yang terkumpul nantinya akan diolah menjadi meja belajar lipat. Kemudian, meja belajar tersebut akan diberikan kepada siswa-siswi yang kurang beruntung.  "Program ini kerjasama salah satu perusahaan pembuat sikat gigi dan pasta gigi, dengan jaringan televisi National Geographic," kata Ipan, Minggu (24/11/2019).

Disebutkan, program pengumpulan sikat gigi plastik bekas ini baru berjalan beberapa hari. Namun pihaknya sudah menerima puluhan sikat gigi bekas dari berbagai kalangan. "Baru berjalan, lumayan dari Bidang PAUD Dinas Pendidikan juga diprogramkan," katanya.

Nantinya, kata dia, sikat gigi plastik bekas yang terkumpul akan disalurkan ke National Geographic perwakilan Indonesia yang ada di Jakarta, dan juga kepada Pepsodent. “Nanti akan disampaikan ke National Gegraphic dan Pepsodent, mereka yang olah untuk membuat meja belajarnya. Kami mengumpulkan saja," katanya.

Diharapkan, dengan program ini bisa mengurangi jumlah pemakaian plastik di Indonesia, bahkan di dunia, sehingga bisa lebih ramah lingkungan. Agar lebih maksimal dalam pengumpulan sikat gigi bekas, pihaknya berupaya menggandeng sejumlah pihak.  (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)