SUMEDANGKAB.GO.ID, POLRES - Polres Sumedang menerjunkan 450 orang personelnya guna mengantisipasi adanya gangguan Kamtibmas dan lalu lintas untuk mengamankan momen libur panjang pada 28 November hingga 1 November 2020. 

Kapolres Sumedang, AKBP Eko Prasetyo Robbiyanto mengatakan, secara umum Polres Sumedang melakukan antisipasi adanya gangguan kamtibmas dan lalu lintas pada libur panjang ini, serupa dengan jika ada kegiatan besar lain, seperti libur Idul Fitri maupin libur panjang lainnya.
"Kami memastikan personel yang terlibat dalam pengamanan libur panjang ini sebanyak 450 orang dari semua Fungsi Satuan," kata Eko, Selasa (27/10/2020).
Dikatakan, pihaknya juga menyiapkan 5 Pos Pengamanan (Pospam), yakni di wilayah Jatinangor, Cimanggung, Tanjungsari, Bundaran Binokasih, dan Taman Telor. Kemudian 5 Pos Pantau, yakni di Simpang Pamulihan, Cimalaka, Tomo, Situraja, dan Darmaraja. 

"Adapun titik vital di wilayah Cimanggung, Tanjungsari, Pamulihan. Kemudian Cimalaka sampai ke Jatigede, karena jalur tersebut jalannya sempit, jadi jika ada kendaraan besar yang mogok maka bisa menyebabkan kemacetan yang parah," ujarnya. 

Guna mengantisipasi kemacetan tersebut, Ia sudah menyiapkan personel dari Satuan Sabhara, untuk melakukan pengaturan lalu lintas jika dibutuhkan.
Apabila terjadi kemacetan parah, kata Eko, akan lakukan pengalihan lalu lintas. 
"Jika di jalur Tomo-Jatigede macet parah akan kami alihkan via Conggeang, namun kami akan lebih selektif memilih kendaraan dialihkan, sebab jalur Conggeang sempit," ucapnya. ***(agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)