Penulis: Pupuh S Wijaya| Editor: Vera Suciati 

CISARUA- Posyandu di Kecamatan Cisarua mengembangkan Inovasi Ternak Lele Posyandu (Telepon) dalam meningkatkan ekonomi warga. Pengembangan Telepon ditinjau Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman saat Pasang Sangkur, Kamis pagi, 16 November 2023.

Camat Cisarua, Eneng Yulia, menyampaikan inovasi Teleponi merupakan sebuah ikhtiar dalam meningkatkan derajat kesehatan warga. Upaya tersebut dilakukan dengan memanfaatkan lahan kosong dengan menggunakan teknologi bioflok untuk budidaya lele di lahan dan air yang terbatas. "Ide awalnya memanfaatkan lahan melalui penggunaan teknologi bioflok. Ikhtiar untuk meningkatkan derajat kesehatan warga terutama ibu hamil dan balita," ujarnya.

Sementara itu, Pj. Bupati Herman Suryatman, menyampaikan apresiasi positif atas pengembangan budidaya lele yang dilakukan setiap posyandu di Kecamatan Cisarua. Selain menjadi sebuah ikhtiar meningkatkan kebutuhan protein hewani bagi ibu dan balita serta meningkatkan ekonomi warga, lebih jauhnya sebagai ikhtiar dalam mewujudkan new zero stunting. “Ibu ibu di posyandu selain memonitor pertumbuhan balitanya, juga produktif mengembangkan lele. Hasilnya bisa untuk meningkatkan ekonomi juga diberikan ke ibu hamil dan anak anak dalam memenuhi kebutuhan protein hewani, luar biasa,"ujarnya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)