Posyandu Harus Multifungsi


Baca juga : Bidan Desa Latih Kader Posyandu Desa Cibeureum Kulon
Posyandu Harus Multifungsi


CIKONENG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Sumedang melaksanakan pembinaan model Posyandu multifungsi dan monitoring kegiatan di Desa Cikoneng Kulon Kecamatan Ganeas, Kamis (16/1/2020).

Acara ini dihadiri oleh Kabid Kelembagaan DPMPD, Deni Nurdanu Supandi, perwakilan Bappppeda, Dinsos P3A, Kabid Informatika Diskominfosanditik  Mamat Rohimat,  Camat Ganeas, Ketua Pokjanal Kecamatan Ganeas, Pokja Desa se Kecamatan Ganeas, Ketua posyandu Desa Cikoneng Kulon dan para kader posyandu.

"Para kader ini merupakan salah satu komponen yang memegang peranan penting. Mereka juga berperan sebagai ujung tombak fungsi ketahanan keluarga, sebagai wahana pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM)  yang berkualitas," ujar Deni Nurdanu Supandi.

Posyandu merupakan salah satu lembaga kemasyarakatan yang memiliki peran strategis sebagai ujung tombak pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Konsep pelayanan posyandu saat ini menggunakan pelayanan multifungsi, tidak hanya masalah balita juga dapat mengurusi yang lainnya, seperti untuk lansia, ibu hamil, pos PAUD dan lain-lain. "Selain pelayanan kesehatan dan imunisasi, Posyandu juga bisa jadi pusat informasi dan konsultasi, pendidikan, ekonomi, lingkungan, serta perlindungan perempuan dan anak," katanya. (rsi)


Posyandu, Pembinaan

Berita Terkait