BUAHDUA - Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang menargetkan terbentuknya Posyandu remaja di  seluruh wilayah kecamatan. Saat ini baru terbentuk dua Posyandu remaja yang semuanya berada di Kecamatan Buahdua.

Kasie Kesehatan Keluarga dan Gizi pada Dinas Kesehatan, Ai Andriani menyebutkan, Posyandu remaja dibentuk sebagai sarana untuk pelayanan masalah remaja, seperti pengetahuan reproduksi remaja, kesehatan remaja dan pola atau perilaku hidup remaja dari sudut kesehatan. "Jadi remaja bisa mengakses informasi yang jelas tentang yang berhubungan dengan kesehatan remaja. Karena di Posyandu remaja ada fasilitas deteksi kesehatan sampai pemeriksaan laboratorium sederhana," katanya, Kamis (23/1/2010).

Ia menyebutkan pentingnya peranan pos yandu remaja. Ketika ada masalah dengan remaja bisa didiskusikan di tempat tersebut.  Karena, tambah Ai, pelaksana posyandu remaja, kadernya berasal dari remaja didampingi oleh konseling dan Dinkes. "Kader dibentuk oleh puskesmas dari desa masing-masing. Pokoknya semuanya melibatkan remaja karena tujuannya ya untuk kebutuhan remaja," katanya.

Ia menggambarkan, para kader Posyandu remaja bekerja didahului dengan pendataan jumlah remaja di desa. Setiap kader menaungi sekitar 10-15 remaja. Kegiatan posyandu rutin dilaksanakan sebulan sekali.  Dalam kegiatan tersebut selain memberikan wawasan kesehatan juga memberikan layanan konseling masalah remaja.

Ai mengatakan, pada tahun ini ditargetkan terbentuk 20 posyandu remaja. "Rencananya dibentuk di kecamatan Ganeas, Ujungjaya, Situraja, Cimalaka kemudian menyusul kecamatan lainnya.  Di Buahdua sebagai pilot project sudah berjalan setahun," katanya. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)