Prakiraan Potensi Bencana Tahun 2020


Baca juga : BNPB Rilis Kaleidoskop Bencana 2019
12 Pihak Tangani Karhutla Tampomas
Angin Puting Beliung Kagetkan Warga Cimanintin


SUMEDANGKAB.GO.ID, BPBD – Rilis berita dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan bahwa tren bencana yang harus diwaspadai adalah jenis bencana geologi seperti gempa bumi yang disusul tsunami dan jenis bencana vulkanologi seperti erupsi gunungapi. Hal ini dilihat dari  proyeksi perkiraan bencana pada tahun 2020 dari berbagai sumber Kementerian/Lembaga serta para pakar.

"Potensi bencana yang perlu diwaspadai untuk tahun depan (2020) adalah bencana geologi seperti gempa yang disusul tsunami lalu bencana vulkanologi," kata Ketua Pelaksana BPBD Sumedang seperti aya yang disampaikan Kepala Pusdatinkom BNPB Agus Wibowo dalam siaran persnya, Selasa (31/12/2019).

Data ini juga telah  sesuai dengan data prakiraan potensi bencana dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang menyebutkan ada enam titik zona potensi aktif berdasar seismisitas 2019 yang meliputi Nias, Lombok-Sumba, Ambon, Banda dan Mamberamo.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menghimbau agar daerah yang berpotensi memiliki kerawanan tingkat tinggi tersebut agar selalu waspada dan meningkatkan kapasitas, baik dari pemerintah daerah hingga masyarakatnya. Sebagai pedoman dan pengingat yang baik kepada masyarakat, Kepala BMKG meminta agar segala informasi peringatan dini yang dirilis oleh BMKG agar dijadikan sebagai perhitungan kedepannya untuk selalu meningkatkan kesiapsiagaan.

"Kami mengimbau agar masyarakat dapat menjadikan informasi peringatan dini ini sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan untuk kesiapsiagaan," kata Dwikorita.***(rtn)


BNPB,BPBD, bencana

Berita Terkait