PEMKAB - Setelah melihat gerai UMKM Sumedangg, tepatnya yang berada di Kantor Pemkab Sumedang, Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah Kementerian Koperasi dan UKM RI (Kemenkop UKM), Hanung Harimba Rachman, menyarankan untuk juga mengembangkan produk nonfood alias produk selain makanan yang sama-sama ditampilkan di Gerai UMKM. Selain itu, dalam kunjungan Gerai UMKM, Sabtu Sabtu (25/9/2021), Hanung menilai sudah cukup baik.

“Mungkin yang non food, yang perlu kita sama-sama dorong lagi. Tadi sudah ada kaos kaki, dan mungkin produk fashion yang lainnya bisa kita kembangkan,” katanya.

Dengan adanya kerja sama bersama Kabupaten Sumedang, Hanung siap membantu dalam pemasaran serta pengemasan produk agar lebih menarik lagi. Secara bertahap dan seiring pengembangan di daerah, akan memberi ruang yang cukup, agar UMKM semakin tumbuh.

Adanya kunjungan kerja Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah Kementerian Koperasi dan UKM RI, disambut baik bupati Sumedang beserta jajarannya. Apalagi kunjungan ini untuk mendorong UMKM Sumedang. Mulai dari pemasaran produk UMKM serta kebutuhan sebagai penunjang produksi UMKM hasil karya para perajin di Sumedang.

“Potensi apa saja yang ada di Sumedang, kemudian akan membantu untuk pengembangannya (UMKM). Termasuk untuk kelembagaanya, rumah kemasannya, peralatan atau mesinnya, dan juga akses ke pasarnya. Alhamdulillah, nantinya ini akan dipilah, mana saja produk yang bisa dipasarkan ke luar Sumedang, bahkan ke luar negeri,” tuturnya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)