Produk Unggulan se-Kecamatan Situraja ada di Kedai PAS


Baca juga : Usai Subuh Berjamaah, Bupati Tinjau Pembangunan Jalan di Ujungjaya
Produk Unggulan se-Kecamatan Situraja ada di Kedai PAS


SITURAJA - Pemerintah Kecamatan Situraja membangun kedai untuk menampung produk UMKM dari masing-masing desa. Kedai yang dinamai Produk Asli Situraja (PAS) dibangun di Pengkolan Jeger, pinggir Jalan Wirahadikusuma betulan Situraja Utara.

Camat Situraja, Sutisna menyebutkan, adanya wadah penampung produk UMKM seperti kedai akan mampu memotivasi home industri di setiap desa untuk bergairah menciptakan produk. Kedai bisa dijadikan sebagai etalase produk dan akan memudahkan perajin atau pelaku UMKM dalam memasarkan produk tersebut.

"Melalui ide-ide kreatif akhirnya dilaksanakan upaya bersama untuk mewujudkan sarana dan prasarana penunjang potensi ekonomi untuk warga desa," ujar Sutisna, usai membuka secara resmi penggunaan kedai, Senin (4/11/2019).

Warga masyarakat desa dituntut bisa menggali ekonomi kreatif agar bisa membantu  meminimalisir angka kemiskinan di daerah. Masyarakat disarankan, memperbanyak inovasi kreatifitas. Pemerintah Desa dan Pemerintah Kecamatan juga harus bisa memfasilitasi kreatifitas masyarakat desa.  "Harus muncul ide-ide segar yang bisa mendapatkan peluang usaha dan pendapatan ekonomi bagi warga," katanya.

Di Kedai PAS nanti akan dipasarkan berbagai jenis produk UMKM seperti dari Desa Situraja Utara, kopi, gula aren. Desa Sukatali, sawo. Dari Desa Cijeler,  dengdeng daun singkong, opak unyil, dari Desa Cijati, sapu injuk, makanan ringan dan wide. Dari Desa Ambit kerupuk bangreng, bakakak, Desa Pamulihan, sambal khas Pamulihan, Desa Karangheuleut Kerupuk Malarat.

Kemudian dari Bangbayang, Keripik Cau, Desa Jatimekar Sapu lidi, Desa Cicarimanah Buah Gedonggincu, Bongsai, Desa Malaka, Situraja utara kerajinan buat pot dari bahan bekas, Desa Situraja ranginang, Desa Mekarmulya, batok kelapa, Desa Cikadu kolontong, dan dari UMKM Desa Kaduwulung menyediakan sepatu dan kopi. (nsa) 


Sumedang Simpati, UMKM, Produk Unggulan

Berita Terkait