SITURAJA -  Produksi gula tepung asal Cimuncang, Situraja diproyeksikan menjadi UMKM unggulan Kecamatan Situraja.  Gula tepung hasil produksi rumahan tersebut kini sudah dikenal pasar, baik di Sumedang maupun diluar Sumedang.  "Kami akan dorong UMKM produksi gula tepung menjadi lahan usaha yang banyak menciptakan lapangan kerja bagi warga terutama warga Situraja," ujar Camat Situraja, Sutisna, Kamis (14/5/2020).

Dikatakannya, saat hari normal produksi gula tepung bisa mencapai 2 ton per bulan. Ketika menghadapi lebaran jumlah produksi meningkat hingga 5-6 ton.  Usaha tersebut kini sudah bisa menherjakan tenaga kerja sebanyak 13 orang. Mudah-mudahan, dengan meningkatnya produksi akan menambah jumlah pekerja.  "Kami berikan dukungan untuk pengembangan produksinya. Dengan harapan bisa juga menambah peluang tenaga kerja," katanya.

Gula tepung yang berbahan baku gula rapirasi dan anti kempal produksi Situraja tersebut dijual Rp. 15.000/ kg. "Kami akan promosikan warga Situraja bisa membeli produk lokal ini," katanya. (nsa)

 

(penerbit: sumedangkab.go.id)