Program Keserasian Sosial untuk Desa Citepok


Baca juga : Karang Taruna Braja Paseh Kini Dipimpin Ujang Dedi
Program Keserasian Sosial untuk Desa Citepok


SUMEDANGKAB.GO.ID, PASEH – Program Keserasian Sosial diberikan kepada dua desa di Sumedang, yaitu Desa CItepok, Kecamatan Paseh dan Desa Sawahdadap di Kecamatan Cimanggung. Program Keserasian Sosial adalah luncuran program dari Kementrian Sosial yang bertujuan deteksi dini, pencegahan serta penanganan efektif terhadap potensi potensi yang terjadi di masyarakat.

"Kegiatan Sarasehan program Keserasian Sosial dilakukan dengan tujuan meredam potensi konflik di masyarakat dan meningkatkan kembali nilai gotong royong dan kebersamaan," terang Abdul Majid, Kepala Desa Citepok, Jumat (25/9/2020).

Program Keserasian Sosial dibagi dalam dua kegiata yaitu, kegiatan fisik dan non fisik. Kegiatan non fisik terdiri dari pembentukan Forum Keserasian Sosial 'Bangkit' dan kegiatan sarasehan. Sementara untuk kegiatan fisik yaitu pembenahan irigasi yang ada di Desa Citepok. Karena, irigasi merupakan potensi konflik antar petani saat musim hujan dan kemarau.

Dijelaskan, dengan pembenahan irigasi diharapkan potensi konflik dapat diredam. Pasalnya, para petani saat musim kemarau akan berebut air dan saat musim hujan para petani tidak mau air masuk ke sawahnya.

"Selain itu, pembenahan irigasi dengan gotong royong akan kembali menghidupkan kembali budaya gotong royong dan meningkatkan kebersamaan diantara masyarakat Desa Citepok," tandasnya. ***(end)


paseh, citepok, keserasian sosial

Berita Terkait