Penulis : Endan Dodi Kusnaedi | Editor : Deddi Rustandi

DINKES - Pelayanan Public Safety Center (PSC) 119 yang ada di Kabupaten Sumedang harus lebih ditingkatkan lagi dalam upaya pelayanan kesehatan pada masyarakat. Pelayanan PSC 119 menjadi salah satu poin penting dalam kegiatan forum kunsultasi publik sektor kesehatan yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumedang Selasa, 26 September 2024.

Forum kosultasi publik sektor kesehatan dibuka Kepala Dinkes Aceng Solahhudin dikuti 80 peserta yang merupakan perwakilan OPD, unsur Rumah Sakit dan unsur masyarakat dari berbagai kalangan. Dalam forum tersebut berbagai masukan disampaikan peserta forum konsultasi publik antara lain peningkatan SDM petugas PSC 119 tingkat Kabupaten Sumedang maupun tingkat puskesmas.

Selain itu peningkatan sarana prasarana penunjang yang dibutuhkan PSC 119 dalam memberikan pelayanan pada masyarakat. Sosialisasi yang lebih masif pada masyarakat terkait keberadaan PSC 119 sehingga masyarakat bisa mengaksesnya dengan mudah. Serta kemungkinan PSC 119 menjadi sebuah UPTD sehingga bisa lebih leluasa dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Kadinkes Aceng menyampaikan apresiasi atas masukan dan usulan usulan peserta forum konsultasi publik khususnya terkait pelayanan PSC 119. "Tentunya kami mengucapkan terima kasih atas usulan dan masukan dalam upaya lebih meningkatkan pelayanan kesehatan khususnya PSC 119," jelas Aceng.

Dinkes juga saat ini sedang berjuang dan terus berkoordimasi dengan Bagian Organisasi Setda agar ke depannya PSC 119 dapat menjadi sebuah UPTD sehingga bisa lebih optimal dalam memberikan pelayanan. "Tentunya kami pun berharap melalui kegiatan forum konsultasi publik ini bisa menghasilkan komitmen bersama tentang layanan kesehatan di Kabupaten Sumedang agar lebih optimal, lebih baik dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)