Pulau-pulau di Jatigede Bakal Ditanami Mangga Gedong Gincu


Baca juga : Ribuan Bibit Pohon Ditanam di Kareumbi
Menanam Pohon Menabung Oksigen
KEK Jatigede Harus Tuntas Dalam 2 Tahun


DARMARAJA - Pulau-pulau di kawasan Bendungan Jatigede akan dijadikan agrowisata. Upaya tersebut, diawali dengan penanaman ribuan bibit pohon.  “Setelah berdiskusi bagaimana menghijaukan pulau-pulau di Jatigede. Ini ada kekhasan. Jadi setiap pulau akan ditanami tanaman buah-buahan yang berbeda," kata Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir, saat penanaman pohon di pulau Pasir Calung, Kecamatan Jatigede, Jumat (10/1/2020).

Penanaman tersebut, kata dia, dalam rangka penghijauan kawasan Bendungan Jatigede, agar menjadi sejuk. Lebih jauhnya, akan dijadikan kawasan agrowisata. Sebab, Jatigede sudah menjadi ikon wisata Kabupaten Sumedang.  "Misalnya salah satu pulau ditanami mayoritas mangga gedong gincu, pulau lainnya mayoritas buah lainnya. Nanti ditambah lagi tanaman keras. Jadi tiap pulau ada ciri khasnya," katanya.

Bupati mengatakan, dengan dijadikannya pulau-pulau di Jatigede menjadi agrowisata, akan lebih mengangkat perekonomian di Jatigede.  "Kedepannya kalau sudah tumbuh, berkembang, dan berbuah, akan jadi agrowisata, menggunakan perahu menuju pulau," katanya. (agn)


Penghijauan, Penanaman Pohon, Jatigede

Berita Terkait