SUMEDANGKAB.GO.ID, DARMARAJA -Sebanyak 66 KK di Blok Pasirkanaga, Dusun Ciduging, Tarunajaya, Kecamatan Darmaraja membutuhkan relokasi segera. Kini seluruh warga tersebut sudah terkepung air Bendungan Jatigede.

"Para warga butuh segera untuk direlokasi melihat kondisi wilayah perkampungan yang sudah terkepung air bendungan," kata Ketua RT di Ciduging, Dadang Rukmana, Senin (13/4/2020).
Menurut Dadang, kini air bendungan sudah menutup akses jalan. Wilayah pemukiman di blok Pasirkanaga berada di dataran rendah atau hampi sehamparan dengan tinggi muka air waduk.
Dadang menyebutkan, pemukiman warga mulai terisolir karena akses masuk ke pemukiman berupa gang sudah sebagian terendam air.
"Bahkan yang 10 rumah sudah terisolir, akses masuknya sudah tergenang air selutut orang dewasa," kata Dadang.
Berdasarkan keinginan warga, pilihan relokasi harus direalisasikan. Sebelum kemungkinan terburuk menimpa pemukiman warga di Blok Pasirkanaga.
"Mungkin saja air waduk surut lagi. Tapi ketika (air) naik lagi ya kami cemas lagi. Soalnya bisa saja lahan dipemukiman sedikit demi sedikiti tergerus air waduk," ucapnya. ***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)