PENDOPO-  Pemerintah Kabupaten Sumedang menggelar Rakor Forkopimda Persiapan Pilkades Serentak Tahun 2020 di Kabupaten Sumedang dan Sosialisasi Permendagri No. 72 Tahun 2020, di Pendopo IPP. Senin (7/12/2020).

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir yang memimpin rakor mengatakan jumlah TPS yang disediakan bertambah dari jumlah sebelumnya, menjadi 494 TPS yang disediakan. "Jumlah TPS yang tersedia menjadi 494 TPS dari 266 TPS semula. pelaksanaan pilkades di tengah pandemi diharapkan dapat tetap menjaga kondusifitas agar menghasilkan Pilkades serentak yang berkualitas," katanya.

Dony menghimbau para calon kades selalu mengedepankan silaturahmi dan solidaritas, agar menciptakan suasana pemilihan yang jujur dan damai.  Penyediaan satgas covid disetiap TPS tidak hanya sebatas antisipasi namun juga selaku penetas protokol kesehatan saat pemilihan berlangsung. "Kami dengan tegas menghimbau para masyarakat, petugas dan lainnya untuk tegas dalam menerapkan protokol kesehatan agar tidak ada klaster pilkada nantinya," tambah Dony.

Senada dengan hal tersebut, Direktur Fasilitas Keuangan dan Aset Kementerian Dalam Negeri Drs. Lutfi menghimbau ketersediaan komponen kesehatan di TPS harus benar benar ada dan dilaksanakan dengan baik. "Protokol kesehatan wajib dijalankan dan menjadi syarat wajib keberlangsungan pilkada ditengah pandemi, penyediaan alat-alat kesehatan harus sangat benar diperhatikan ketersediannya," katanya. (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)