SUMEDANGKAB.GO.ID - IPP, Dalam rangka Koordinasi Implementasi SAKIP di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang (Drs. H. Herman Suryatman, M.Si) telah mengadakan rapat koordinasi SAKIP, yang dihadiri oleh Asisten Pembangunan (H. Teddy Mulyono, SH., M.Si), Staf Ahli, Inspektorat, DPMD, BAPPPPEDA, BPKAD, dan tamu undangan lainnya, bertempat di Ruang Rapat Sekda Kabupaten Sumedang.
Rabu, (29/01/2020)

SAKIP diperlukan untuk mewujudkan birokrasi yang akuntabel, efektif, dan efisien, penerapan SAKIP memastikan anggaran hanya dipergunakan untuk membiayai program ataupun kegiatan prioritas yang mendukung pencapaian tujuan pembangunan. Komitmen kuat dari pimpinan instansi Pemerintah merupakan faktor terpenting dalam mengimplementasikan SAKIP, pimpinan harus mengubah pola pikirnya sehingga nantinya program dan kegiatan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) memberikan manfaat.

Saat ini ada lima masalah utama yang harus diselesaikan guna memperbaiki SAKIP di Kabupaten Sumedang, yakni tingginya angka kemiskinan, belum meratanya jangkauan layanan pendidikan dan kesehatan, kurang memadainya infrastruktur dasar, investasi belum memberikan kontribusi signifikan terhadap kebutuhan ekonomi, dan kinerja ASN belum optimal dalam memberikan pelayanan.
Sekda berharap tiap pimpinan SKPD yang datang tidak hanya meminta anggaran yang kurang dan sebagainya, tetapi bagaimana bisa memberikan inovasi dengan cara mengadakan kegiatan tanpa anggaran, semoga Kabupaten Sumedang mendapatkan SAKIP dengan predikat A, dan mewujudkan Sumedang Simpati pada Tahun 2023. (diskominfosanditik)

(penerbit: sumedangkab.go.id)