JATINUNGGAL - Sekretaris Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian dan Statistika (Diskominfosanditik) Kabupaten Sumedang, Kemal Idris menyatakan, adanya pembentukan kepengurus lokal 5 (Darmaraja, Cibugel, Wado, Jatinunggal) RAPI wilayah 13 Sumedang sangat bermanfaat untuk mendukung komunikasi dan informasi di masyarakat.

Pembentukan pengurus lokal 5 merupakan potensi bagi Pemkab Sumedang untuk membantu memperlancar arus komunikasi dan informasi yang bisa dipertanggungjawabkan.  "Keberadaan RAPI merupakan pelengkap dan solusi dari belum meratanya jaringan internet yang coverage terhadap semua wilayah di Kabupaten Sumedang, sehingga arus informasi dan komunikasi di daerah blankspot signal internet bisa dicover RAPI bila terjadi bencana sosial maupun bencana alam atau hal-hal lain yang dianggap urgen," tutur Kemal, usai mengikuti pelantikan pengurus lokal 5 RAPI wilayah 13 Sumedang di Jatinunggal, Jumat (22/11/2019).

Hanya saja, sambung Kemal, dengan berkembangnya pemerataan dan perluasan jaringan internet di wilayah Kabupaten Sumedang termasuk penambahan titik free wifi, mengharuskan RAPI selalu mengikuti perubahan dan perkembangan digitalisasi. “Bila abai mengantisipasi terhadap perkembangan digitalisasi (IoT) akan berat bagi RAPI untuk eksis,” katanya.

Ia berharap, komunitas bisa profesional, terus menggali potensi dan mengembangkan eksistensi agar membuat RAPI di Sumedang tetap berkibar dan akan mempunyai kontribusi yang besar terhadap tercapainya  Sumedang Simpati. "Modal dasar RAPI Sumedang tetap eksis di era digital sudah punya yaitu kekompakan dan militansi anggota RAPI Sumedang yang tidak diragukan lagi," katanya. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)