Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

JATIGEDE - Jalan Lingkar Timur Jatigede di Dusun Burujul, Desa Jemah, Kecamatan Jatigede sudah bisa dilalui kendaraan. Sebelumnya jalan tersebut tertutup material longsor tebing, JUmat (17/3/2023) malam.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumedang Atang Sutarno mengatakan, tebing yang longsor setinggi 20 meter dan lebar 30 meter itu sempa menutup badan jalan, sehingga tak bisa dilintasi kendaraan. Alat berat dari BBWS Cimanuk-Cisanggarung diterjunkan guna menyingkirkan material longsor yang menutupi jalan. Selain itu, petugas gabungan dari BPBD, Damkar, TNI, dan Polri juga berjibaku membersihkan jalan dari sisa lumpur. "Untuk jalan lingkar timur sudah ditangani. Sabtu (18/3/2023) sudah bisa dilalui satu jalur, dan dilanjutkan lagi pada Minggu siangnya," kata Atang.

Longsor, kata Atang, terjadi sekitar pukul 19.00 WIB, saat wilayah Jatigede diguyur hujan beberapa jam. "Sekarang sudah bisa dilintasi kendaraan besar seperti bus," ucapnya. 

Atang menghimbau kepada masyarakat yang melintasi jalan tersebut lebih berhati-hati, karena jalan masih licin. Selain itu, juga sudah dipasang rambu-rambu peringatan longsor. "Saat hujan turun juga agar lebih waspada, karena tebingnya memang rawan longsor," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)