CiPAMEUNGPEUK - Senjata mainan yang terbuat dari kayu buatan Yaya Sepuloh (38) warga Kelurahan Cipameungpeuk, Kecamatan Sumedang Selatan dijual dengan harga bervariasi. Mulai dari yang paling sederhana sepeti pistol seharga Rp 50 ribu, hingga senapan serbu dari bahan kayu jati dijual seharga Rp 300 ribu. "Kalo omzet pernah satu bulan dapat Rp 3 juta," kata Yaya, Senin (5/10/2020).

Ia mengatakan, untuk pemasaran, paling banyak ke luar wilayah Sumedang, seperti Indramayu, dan beberapa kota di Jawa Tengah. Pemasaran dilakukan secara online melalui Facebook pribadinya. "Kalau banyak (pembeli) sih tidak, karena ini baru mengenalkan saja, saya tidak fokus memasarkannya, kalau bikin juga kebanyakan pesanan saja," katanya.

Kata Yaya, kebanyakan pembelinya orang dewasa, dan senjata replika buatannya kebanyakan dibeli untuk pajangan. Selain itu, kata Yaya, karyanya tersebut pernah ditampilkan di pameran UMKM tingkat kabupaten. "Bisa untuk mainan anak, bisa juga untuk pajangan," katanya.

Ia mengaku membuat replika senjata dari bahan kayu yang ramah lingkungan itu karena terinspirasi dari film-film aksi dan game peperangan. "Harapannya semakin baik lagi, bisa lebih terkenal lagi," ujarnya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)