DINKES - Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang secara rutin terus memberikam Tablet Penambah Darah (TPD) bagi kalangan remaja usia 10 -18 tahun.
Upaya ini dilakukan dalam.upaya memutus mata rantai stunting yang ada di Kabupaten Sumedang.  

Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Sumedang Nia Sukaeni mengatakan dalam pelaksanaan pemberian TPD ini pihaknya bekerjasama dengan pihak sekolah.
"Satu minggu satu tablet TPD bisa memutus mata rantai stunting," jelas  Nia Jumat (4/12/2920).

Dikatakan Nia, untuk kegiatan ini hasilnya memang tidak langsung diketahui tahun ini juga tetapi akan terlihat sekitar lima tahun ke depan. Dengan memberikan TPD kepada generasi muda maka diharapkan ketika suatu saat mereka menikah maka mereka telah siap dan kalaupun memiliiki ketutuman akan terhindar dari stunting. "Jadi sejak di kami telah menyiapkan bagaimana nantinya remaja memiliki reproduksi sehat dengan secara rutin memberikan TPD," jelasnya.

Dikatakam Nia, selain memberukan TPD pada remaja,  pihaknya juga memberikan  TPD pada ibu hamil. Bila seorang ibu hamil kekurangan darah, maka ini akan berdampak buruk terhadap perkembangan janim hingga tidak mustahil akan melahirkan bayi stunting. "Ya tentunya kami berharap apa yang saat ini dilakukan akan berdampak pada lahirnya generasi generasii yang terrhindar dari stunting," tandasnya. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)