SUMEDANGKAB.GO.ID, DARMARAJA - Pemerintah Kabupaten Sumedang terus berupaya merealisasikan Program Sumedang Simpati. salah satunya, program Gabungan Wirausaha Muda (Garuda). 

Ruli Fasial Hakim (31) warga Desa Cikeusi Kecamatan Darmaraja, merupakan salah satu pemuda yang berhasil memanfaatkan program Garuda. Ruli kini menjadi seorang pengusaha kontruksi baja ringan.  "Saya sebelumnya sopir angkot, lalu kerja di toko bangunan. Saat kerja di toko bangunan itu saya berfikir kenapa tidak saya punya usaha sendiri," kata Ruli.

Ruli mendapatkan informasi adanya pelatihan merakit baja ringan melalui program Garuda pada tahun lalu. Dengan tekad yang kuat untuk merubah nasib menjadi lebih baik, Ia pun serius mengikuti pelatihan tersebut.

 "Narik angkot semakin sepi penumpang. Karena itu saya bertekad ingin cari kesempatan lain, dan saya pilih ikut pelatihan merakit baja ringan lewat program Garuda," ujarnya.

Diakuinya, sejak mengikuti pelatihan kehidupannya pun berubah, terutama dari segi penghasilan.  "Awalnya memang banyak kendala, seperti sulitnya mendapatkan owner untuk perakitan, tapi lama kelamaan alhamdulillah sudah banyak yang percaya keahlian saya," katanya.

Kini, Ruli memiliki sejumlah karyawan yang ia pekerjakan untuk membantunya dalam memenuhi pemesanan dan perakitan baja ringan. Selain itu, ia juga mendorong teman-temannya untuk memiliki keterampilan.

Bupati Dony Ahmad Munir mengatakan, Garuda merupakan program unggulan Pemkab Sumedang untuk mencapai Program Sumedang Simpati.  "Pemerintah hadir dalam membuat para pemuda sukses dan berwirausaha, dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan mengurangi pengangguran," kata bupati.  [agn]

(penerbit: sumedangkab.go.id)