TANJUNGSARI - Rumah Rokayah (60) akhirnya diperbaiki. Rokayah, yang berstatus janda, warga Dusun Sadang RT 02 RW 05 Desa Raharja Kecamatan Tanjungsari mendapat bantuan dari program revitalisasi rumah tidak layak huni (RTLH) dari Pemkab Sumedang.

"Saya tinggal sendiri, tidak punya anak, suami sudah meninggal. Untuk makan paling kerja serabutan di kebun orang, itu juga kalau badan lagi sehat," kata Rokayah, saat soft launching revitalisasi RTLH, oleh Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir, Selasa (26/11/2019).

Suami Rokayah, Mansur (70) meninggal pada 21 November kemarin karena sakit. Untuk keperluan makan sehari-hari, Rokayah diberi oleh kerabat atau tetangga. "Keinginan suami saya memang rumah ingin diperbaiki, alhamdulillah sekarang rumah sudah diperbaiki, tapi suami keburu meninggal," katanya.

Sebelumnya, rumah Rokayah dinding dan lantainya terbuat dari bilik dan kayu reyot. Di rumahnya juga tidak ada MCK. Kini rumah Rokayah berdinding tembok, dan berlantaikan keramik. Ada kamar mandi di dalam rumah, serta septic tank.  "Kalau mau MCK ya ke WC umum," ujarnya.

Camat Tanjungsari Ida Farida menyebutkan, Rokayah mendapat bantuan revitalisasi RTLH sebesar Rp 17,5 juta. Namun, biaya pembangunan rumah baru Rokayah menelan biaya hingga Rp 45 juta. “Sisanya dari swadaya masyarakat. Dan untuk tenaga juga alhamdulillah warga sangat mendukung," katanya. 

Selain mendapat bantuan RTLH, Rokayah juga mendapat bantuan berupa alat rumah tangga, seperti kompor, dan dispenser. (agn)

 

 

(penerbit: sumedangkab.go.id)