MARKAS KODIM - Komandan Kodim 0610/Sumedang Letkol Arh Novianto Firmansyah membuka kegiatan pendidikan latihan dasar Saka Wira Kartika Kodim 0610/Sumedang, di lapangan upacara Makodim, Jumat (27/12/2019).

Kegiatan ini diikuti 204 peserta dari tiap kwartir ranting di jajaran Kodim 0610/Sumedang. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, dari mulai tanggal 27-29 Desember 2019. "Latihan ini adalah tahap dasar pada pendidikan latihan dasar Saka Wira Kartika, bagi para peserta baru yang akan bergabung dalam keluarga besar Saka Wira Kartika Gugus Kodim 0610/Sumedang," katanya.

Dandim menyampaikan, Saka Wira Kartika merupakan satuan karya pramuka, yang memberikan pengetahuan dan keterampilan khusus di bidang matra darat. Melalui latihan dasar untuk mengenal wadah pendidikan, guna menyalurkan minat mengembangkan bakat dan pengalaman dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. "Para peserta harus merasa bangga," ujarnya.

Ia menjelaskan, Satuan Karya diperuntukan bagi para pemuda usia antara 16-25 tahun. Dengan tujuan setiap individu memiliki kemampuan lebih sebagai syarat kecakapan khusus yang dimiliki oleh setiap insan pramuka, khususnya peserta yang akan dan sudah menjadi anggota Saka Wira Kartika.

"Saya juga menekankan kepada pelatih, pembina dan seluruh peserta untuk mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan. Karena dalam pelaksanaan kegiatan nanti ada beberapa materi yang cukup menantang. Ikuti seluruh instruksi dari pelatih, sehingga apa yang diharapkan dalam sasaran kegiatan ini dapat berjalan dan tercapai sesuai yang diharapkan," katanya.

Dengan kegiatan ini diharapkan akan semakin mendorong, membentuk dan membina para peserta sebagai generasi muda, yang memiliki kemampuan yang diharapkan sebagai generasi penerus pemegang estafet pemimpin pemimpin bangsa kedepan.

"Dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan peserta mempunyai kepribadian yang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif dan pekerja keras. Serta menjadi manusia manusia yang bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, yang memiliki kepribadian yang tangguh, terampil dan berpengetahuan, sehat dan kuat jasmani serta memiliki kesetiakawanan yang tinggi," kata Dandim. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)