Saling Bantu Antar UMKM di Tengah Pandemi


Baca juga : Produk Unggulan se-Kecamatan Situraja ada di Kedai PAS


SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA – Pelaku UMKM di Sumedang saling membantu mempromosikan usahanya. Mereka juga sekaligus langsung menjualkan produk rekan sesama pelaku UMKM lainnya dengan membuat paket produk kebutuhan keluarga sehari-hari. Cara ini dilakukan para pelaku UMKM di tengah wabah korona yang berdampak pada hampi setiap orang termasuk UMKM.

“UMKM saling memprormokan dan menjualkan produknya satu sama lain, biasnaya mereka buat produk satu paket dengan produk UMKM lainnya sehingga bisa lebih hemat dan praktis,” kata Maulana Yusuf, CEO KiHaji, sebuah produk UMKM di bidang makanan, Kamis (30/4/2020).

Cara berbantu pelaku UMKM adalah dengan membuat berbagai macam diskon atau potongan dan membuat diskon pembelian untuk yang take away dan gratis ongkir. Selain itu yaitu dengan membuat paket hemat penjualan bisa barang satu UMKM maupun kolaborasi dari beberapa UMKM.

“Jadi misalnya satu UMKM menjual makanan olahan ayam, maka kalau nilai pembeliannya ditambah maka akan dapat paket dengan olahan sayuran atau produk olahan buah,” kata Maulana.

Maulana menyebutkan strategi ini mampu membuat UMKM masih bisa bertahan di tengah pandemic. Meski pendapatannya tidak sebesar situasi normal, namun usaha mereka tidak collapse. Keberlangsungan inilah yang dibutuhkan agar optimisme usaha mereka tetap berjalan.***(vrs)


UMKM

Berita Terkait