Penulis : Agun Gunawan | Editor: Vera Suciati 

JATINANGOR - UPTD PUTR Tanjungsari melakukan penanganan saluran irigasi di Dusun Sukamanah Kecamatan Hegarmanah, Kecamatan Jatinangor. Saluran tersebut dikeruk, karena terjadi pendangkalan akibat endapan lumpur dan sampah.

Kepala UPTD PUTR Tanjungsari, Agus Supriatna menyebut, akibat pendangkalan, air dari saluran irigasi tersebut kerap meluap ke Jalan Raya Ir. Soekarno Jatinangor didepan Skyland City. Menurut Agus, sebelumnya dilakukan pengecekan terlebih dahulu dan ditemukan terdapat beberapa titik penyebab melubernya air dari saluran irigasi ke jalan karena beberapa faktor. 

"Selain saluran mengalami pendangkalan dan dipenuhi oleh sampah, air yang mengalir ke saluran cukup banyak, sehingga volume debit air dengan kapasitas irigasi tidak sesuai," ujarnya, Kamis 4 Mei 2023.

Agus mengungkapkan bahwa penanganan yang dilakukan dengan melakukan pengerukan saluran irigasi. Terdapat sampah serta lumpur yang menjadi penyebab saluran menjadi dangkal. 

"Kami sisir arus air dari irigasi itu, serta mengeruknya dengan menggunakan peralatan, selanjutnya diangkut menggunakan mobil bak terbuka dan buang ke TPS3R Pasirbanteng," ujarnya.  

TPS-3R adalah sistem pengolahan sampah dengan inovasi teknologi mesin pencacah sampah dan pengayak kompos yang lebih efektif dan efesien

Kepala Desa Hegarmanah, Didi Sukandi mengatakan, genangan air kerap merendam jalan nasional. Meski tidak ada hujan, genangan air kerap menyebabkan arus lalu lintas menjadi terhambat dan menyebabkan kemacetan. 

"Kondisi seperti ini sudah terjadi sejak lama, dan sudah beberapa kali mencoba memperbaikinya namun terbatas karena dilakukan secara manual. Saluran Irigasi ini sangat vital bagi para petani untuk mengairi sawah, dengan melubernya air kejalan penyuplaian air menjadi terhambat," katanya. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)