Penulis : Agun Gunawan | Editor: Vera Suciati 

CILANGKAP - Objek wisata Mata Air Cigirang yang terletak di bawah kaki Gunung Tampomas, Desa Cilangkap Kecamatan Buahdua, diserbu ribuan pengunjung pada momen libur lebaran kemarin. 

Pengelola Objek Wisata Mata Air Cigirang, Madsari, mengatakan sejak hari lebaran hingga hari terakhir libur lebaran kemarin, pengunjung yang datang ke objek wisata Cigirang mengalami peningkatan hingga 100 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Peningkatan pengunjung terjadi sejak hari H, sekarang peningkatannya hampir 100 persen. Pengunjung yang datang kira-kira 10 ribu orang," kata Madsari, Sabtu 19 April 2024.

Menurutnya, pengunjung yang datang ke wisata Mata Air Cigirang, bukan hanya warga Sumedang melainkan dari berbagai daerah, seperti Indramayu, Bandung, Jakarta, Karawang, hingga Majalengka yang tengah menikmati momen libur lebaran. Bahkan, meningkatnya pengunjung ke wisata Mata Air Cigirang, membuat pihak pengelola sempat kewalahan, dan harus menambah karyawan.

"Iya ada penambahan petugas enam orang seperti petugas parkir, apalagi hari ke tiga dan ke empat pasca lebaran. Parkir mobil pengunjung itu sampai ke jalan raya provinsi karena di lokasi wisata sudah penuh kendaraan roda empat maupun roda dua," imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang pengunjung asal Bandung, Alya mengaku baru pertama kali berkunjung ke wisata Mata Air Cigirang. Lokasinya yang luas disertai kolam renang, yang bersumber dari mata air pegunungan, membawa kesan tersendiri hingga dapat leluasa menikmati momen liburan.

"Kami sedang main ke saudara dekat lokasi ini, terus liburan ke sini (Cigirang), saya baru pertama kali ke lokasi wisata Mata Air Cigirang. Meski kolam renangnya ada dua tapi luas banget, ditambah air nya bersih dan bikin betah," kata Alya.(#)

(penerbit: sumedangkab.go.id)