SD dan SMP IT Insan Sejahtera Raih Juara Umum Festival Robot Indonesia


Baca juga : Usai Subuh Berjamaah, Bupati Tinjau Pembangunan Jalan di Ujungjaya


Laporan Reporter : Ratna

SUKAJAYA - SD dan- SMP IT Insan Sejahtera berhasil menyabet gelar juara umum Indonesian Robot Festival (IRoF) di  Universitas Maranatha 2019 yang digelar  Jumat-Sabtu (11-12/10/2019).   IRoF merupakan kejuaraan robotik bergengsi yang diikuti 90 tim dari 46 sekolah. Peserta IRoF bukan hanya sekolah ternama di Indonesia namun kejuaraan ini pula diikuti oleh sekolah bergengsi di Malaysia.

"Alhamdulillah  SD IT dan SMP IT Insan Sejahtera  dapat meraih juara umum, semoga menjadi sesuatu yang membanggakan khususnya bagi sekolah serta masyarakat Sumedang pada umumnya," ujar  Yani Citraeni, ketua Yayasan Mitra Insan Sejahtera.

Kepala SMP IT Insan Sejahtera, Restu Wibisono mengatakan mata pelajaran robotik  merupakan ikhtiar dalam menyiapkan siswanya menghadapi perkembangan zaman.  “Mata pelajaran robotik ini adalah ikhtiar persaingan di era digital dalam menyongsong revolusi industri 4.0. Sekolah menyiapkan siswa yang mampu menghadapi persaingan di era digital dalam menyongsong revolusi industri 4.0," kata Restu.

Smart Trashbot IS8T9" merupakan Robot Go Green rancangan Tim Robotik SMP IT Insan Sejahtera yang berhasil meraih Juara ke-1 pada Lomba Robot Inovatif. Robot terinspirasi dari lingkungan sekitar. Robot yang diciptakan mampu  menjadi solusi permasalahan sampah yang ada.

Smart trash robot 1S8B9 robot ini mampu memilah sampah anorganik dan organik. Sensor sang robot bisa memilah ketika sampah didekatkan. "Inspirasi pembuatan robot ini berasal dari kecintaan kami terhadap lingkungan dan harapan kami bahwa robot yang kami buat dapat menjadi solusi bagi permasalahan sampah," kata  M. Rangga anggota tim robotic yang diamini Raqsha. []


Sumedang Simpati

Berita Terkait