Penulis: Endan Dodi Kusnaedi| Editor: Vera Suciati 

DISPARBUDPORA - Sebanyak 21 peserta pasanggiri mojang jajaka (moka) Sumedang 2024 masuk babak grand final yang bakal digelar Jumat, 26 April 2024 malam di Alun alun Sumedang.

Kepala Disparbudpora Kabupaten Sumedang Nandang Suparman mengatakan 21 peserta pasanggiri mojang jajaka 2024 yang masuk grand final ini terdiri dari 15 mojang dan 6 jajaka.

"Untuk peserta yang masuk babak grand final ini merupakan utusan dari 10 Kecamatan yaitu Sumedang Utara, Sumedang Selatan, Rancakalong, Situraja, Cimalaka, Tanjungkerta, Conggeang, Sukasari, Buahdua dan Jatinangor," jelas Nandang, Rabu, 24 April 2024.

Dijelaskan Nandang sebelum masuk babak grand final para peserta telah melewati serangkaian test yang dilaksanakan pihak panitia. Adapun test yang dilakukan panitia antaralain wawancara, psikotes, pakem moka dan juga pengetahuan umum serta unjuk kabisa.

Selain itu para peserta juga melakukan kegiatan kunjungan di Museum Sumedang, pabrik tahu Bungkeng dan melakukan Fokus Diskusi Grup (FGD) dengan para pelaku Ekonomi kreatif.

Kemudian, saat penampilannya dalam ajang grand final nanti, para pesertapun kembali akan diuji dengan pertanyaan langsung dari dewan juri.

Ditambahkan Nandang, untuk juara pasanggiri mojang jajaka Sumedang 2024 nantinya akan menjadi perwakilan Sumedang dalam ajang Pasanggiri Mojang Jajaka Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2025.

Lebih lanjut dikatakan Nandang, acara pasanggiri mojang jajaka 2024 ini tidak hanya diikuti oleh peserta dewasa, tetapi ada juga peserta anak anak atau yang dikenal dengan sebutan moka alit.

Untuk moka alit ini dikuti 40 peserta yaitu kelompok umur 3 tahun, 6 tahun dan 7 tahun -10 tahun.

"Untuk grand final moka alit digelar Jumat, 26 April 2024 pagi dengan penilaian lebih ke penampilan dan kostum," jelasnya. (*).

(penerbit: sumedangkab.go.id)