SUMEDANGKAB.GO.ID, JATINUNGGAL - Paguyuban petani cabai rawit di Dusun Cikukulu, Desa Cimanintin, Kecamatan Jatinunggal menargetkan pada musim tanam ini bisa sebar benih cabai rawit hingga nantinya aka nada 100 ribu pohon. Saat ini, target tersebut baru terpenuhi sekitar 60 persen.

Ketua Paguyuban Rawit Jaya Dusun Cikukulu, Asep D Drajatullah menyebutkan,target ini tentunya disiapkan untuk memenuhi permintaan pasar. Pada musim panen pertama, meski belum terdata secara resmi, hasil panen cabai rawit langsung dibeli oleh pihak bandar.

"Mudah-mudahan setelah idul fitri bisa tercapai 100 ribu benih yang di sebar oleh paguyuban kami," kata Asep, Selasa (28/4/2020).

Asep mengatakan, pada musim panen nanti diharapkan pandemi Covid-19 berhenti sehingga pasca Covid-19 harga cabai rawit bisa menguntungkan petani.

"Target 3 bulan kedepan pas panen harga bersahabat," ucapnya.

Seperti diketahui, paguyuban petani cabai rawit 'Rawit Jaya' terinpirasi membentuk  paguyuban yang mayoritas mengakomodir  para petani di Dusun Cikukulu khususnya dan umumnya Desa Cimanintin. Kini hampit hampir 80% petani menanam cabai rawit.

Paguyuban petani cabai rawit terbentuk antara Karang Taruna Muda Mudi Cikukulu dan pihak ketiga/pemilik modal. Paguyuban bertugas untuk  menanggung benih, pupuk, dan obat-obatan. Setelah itu, hasilnya langsung di kelola oleh paguyuban yang melibatkan karang taruna.

"Paguyuban kami baru terbentuk sekitar setengah tahun lalu. Mudah-mudahan wilayah kami bisa jadi sentra cabai rawit," ujar Asep.***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)