SUMEDANGKAB.GO.ID, JATIGEDE – Warga di sekitar Bendungan Jatigede melihat peluang atas banyaknya pehobi mancing yang datang ke bendungan atau pesisir Jatigede. Peluang tersebut adalah menyediakan alat pancing bagi ratusan pehobi mancing yang setiap hari datang. Setiap akhir pekan, jumlah pehobi mincing makin banyak lagi.

Seperti yang dilakukan Rujman, warga Darmaraja yang kini membuka toko alat pancing di Darmaraja. Padahal ia hamper saja tak lagi mempunyai mata pencaharian setelah Jatigede digenang.

"Kami dulu usaha dagang kerupuk, namun banyak saingan. Salah satunya peluang berdagang peralatan pancing dan umpan ikan. Alhamdulillah meski ngontrak tempat bisa menghasilkan pemasukan yang lumayan," ujar salah seorang pedagang perlatan pancing di Darmaraja, Rukman (47), Minggu (23/2/2020)

Ia mengatakan, memilih untuk berjualan peralatan pancing, karena banyaknya orang yang hobi mancing datang ke wilayah pesisir bendungan di seputar Darmaraja.

"Meski sekarang menjamur toko pancing tapi alhamdulillah ternyata tetap masih banyak konsumen yang beli. Selain itu kami juga jual umpan ikan berbagai jenis," katanya.

Rukman mengakui saat ini toko alat pancing semakin menjamur setiap titik wilayah peisisir terdapat yang jualan peralatan pancing.  Peluang ini akan terus ada karena pehobi mincing terus berdatangan. Usaha ini kini mulai banyak di Situraja, Darmaraja, Wado dan Jatigede.***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)